Pencarian


 

SELAMAT HARI PERAWAT NASIONAL TERIMAKASIH SUDAH MENJADI GARDA TERDEPAN DALAM PENANGAN COVID-19






Indo Medika International, Jakarta-Tepat pada hari ini tanggal 17 Maret 2022, diperingatinya hari perawat nasional ke 48. Hari ini menjadi momentum mengenai peran perawat di dunia kesehatan. Pada tahun ini, peringatan Hari Perawat Nasional 2022 masih tetap berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Tema hari perawat nasional kali ini 'Perawat Bersama Rakyat Menuju Bangsa Sehat Bebas dari Covid-19.

Hari Perawat Nasional ditujukan untuk memperingati para perawat di Indonesia dan kontribusi perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Perawat sangatlah  memegang peran penting terhadap perkembangan kondisi fisik masupun fsikologis setiap pasien, sehingga akan berdampak terhadap drajad kesehatan masyarakat. Perawatm merupakan profesi yang menanamkan keutamaan kepedulian bidang kesehatan terhadap pasien.

Tenaga Keperawatan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena jumlahnya lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lain. Perawat memiliki  peran sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Selain itu, perawat juga berperan sebagai edukator yang bertugas memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien yang menjalani isolasi, keluarga, dan masyarakat umum.

Pada masa saat ini merupakan masa yang sulit bagi tenaga kesehatan di indonesia karena sedang berjuang menghadapi pandemic COVID-19, oleh karena itu peran perawat sangatlah penting.

Seluruh perawat pada masa pandemi yang melakukan perawatan pada pasien Covid-19  maupun Non Covid 19 telah mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga. Perawat telah mengorbankan keselamatan dan menghadapi ancaman tertular virus yang bisa berakhir pada kematian. Sebagai bagian dari garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19, tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik dan juga secara mental. Tingginya beban kerja dalam menangani kasus Covid-19 serta penggunaan alat pelindung diri (APD) level 3 sangat berpengaruh terhadap menurunnya imunitas tubuh, sehingga risiko tertular virus semakin meningkat.